UJI TANAH SONDIR

Pengertian Uji Tanah Sondir 

Pengujian sondir adalah suatu metode uji penekanan yang dilakukan untuk menganalisa daya dukung tanah dan mengukur kedalaman lapisan tanah keras atau pendukung yang biasa disebut tanah sondir.

Dengan mengetahui kedalaman tanah keras (sondir) yang akan dijadikan pijakan untuk tiang pancang atau pile maka kontraktor dapat membuat desain pondasi yang sesuai dengan standart keamanan untuk menyokong kolom bangunan.

Pengujian Tanah (Soil Test)

Sehingga pondasi tetap kuat menahan beban bangunan yang ada di atasnya dan tidak mengalami penurunan (settlement) karena dapat membahayakan keselamatan penghuni dan kestabilan struktur bangunan.

Uji sondir termasuk ke dalam pengujian tanah (soil test). Banyak kasus kegagalan struktur karena kontur tanah yang labil akibat sebelum pembangunan tidak dilakukan pengujian sondir, efeknya pondasi menjadi tidak stabil dan bangunan menjadi ambruk.

Dengan melakukan pengujian sondir maka kontraktor dapat membuat desain pondasi yang aman dengan melihat karakteristik tanah yang akan dijadikan tempat untuk membuat bangunan. Namun, untuk melakukan uji sondir ini tentu saja dibutuhkan alat bantu.

sumber : https://testindo.com

 

Soil Test merupakan pengetesan atau pengujian terhadap tanah yang berkaitan dengan Ilmu Geoteknik (Ilmu Teknik Sipil) berhubungan dengan : Mekanika Tanah, Teknik Pondasi dan Struktur Bawah Tanah.
Soil test berguna untuk perencanaan perkerasan lapisan dasar, pondasi bangunan, jalan, jembatan, struktur bawah tanah, bendungan, Waduk, dsb.

Berikut ini kegiatan yang termasuk dalam pengujian tanah (soil test) :

sumber : https://www.kompasiana.com

 

.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *